Masak-masak Eps.3 #Bersama Masterchef @RWatan#

Kalo boleh dibilang, mungkin ini adalah episode masak tersukses bisa ngumpul bareng bapak-bapak dan ibuk-ibuk disini. Kali ini, episode ketiga nya berhasil sil sil dengan masterchef cece Reny watan, hahaha. Rencana awal ini bermula ketika saya dan Cece Reni sedang jogging di daerah tepi pantai dubai, sebenarnya pengen ngumpul sebelum Bg Lister pulang ke Indonesia. Tapi sayang, jadwal kepulangannnya dipercepat sehingga personil orang indonesia kurang satu. Walaupun agak sedih karena teman banyol ga ada, niat ngumpul tetap berjalan pokoknya!!

Kebetulan banget tanggal 1 januari 2012 adalah tanggal merah, dan kami mendapat jatah libur sebanyak 3 hari yaitu jumat, sabtu dan minggu. Hari kerja di sini adalah minggu s.d. kamis, weekend nya jumat dan sabtu. Jadi beruntunglah kami karena tgl 25 dec dan 01 jan ’12 januari yang jatuh pada hari minggu, dengan demikian dengan 2 minggu berturut-turut kami mendapat 6 hari libur😀. Kesempatan ini kami gunakan untuk bisa ngumpul bareng, sekalian merayakan hari pertama di tahun baru 2012. Saya dan mbak Reni berencana membeli bahan pada sabtu pagi (31 dec) setelah jogging dan langsung ke lulu hypermarket untuk membeli bahan. Tapi dasar saya yang susah bangun pagi, alhasil saya ga jadi jogging. Bagaimana mau bangun pagi, begadang ampe jam 02 pagi. hahaha *maklumlah kalo weekend.

Kami berangkat ke lulu sabtu siang dengan berbekal foto copy an resep. Menu yang kami rencanakan adalah brokoli tumis dengan jamur, falafel, candil, tahu bacem, ayam balado, dan cocktail buah. Saya akan menjelaskan sedikit tentang makanan tersebut. Tahu bacem, pasti teman-teman udah tahu dan sering memakan nya,jadi ga usah dijelaskan. Ayam balado, apa lagi menu ini, pasti sudah banyak yang tahu bagi yg sering makan di rumah makan padang. Brokoli tumis ala Chinese food, dibuat dari sayur yang segar dan direbus, serta di lumuri saus jamur. Candil, nah.. sebagian dari teman-teman pasti sudah mengetahui dan ada juga yang belum tau. Candil ini merupakan makanan khas dari china, bentuknya seperti bola yg terbuat dari tepung beras dan isi nya adalah kacang itam dan dimakan bersama kuah manis dari gula merah yang ditambah jahe, enak banget loh, segar!! Banyak yang menjual candil ini dan biasanya jarang sekali candil yang mempunyai isi. Saya mendapat informasi dari Cece Reny yg asli keturunan china bahwa memakan candil merupakan tradisi bagi orang china dan memakannya pada saat satu bulan sebelum perayaan tahun baru china, seluruh keluarga dianjurkan untuk memakannya dan melingkar bersama sebagai tanda mempererat kekeluargaan. Kemudian Falafel, falafel merupakan makanan dari mesir/kairo, bentuknya bola-bola bulet seperti bola ping pong dan persis seperti pergedel. Namun, bahan dasarnya adalah chickpeas atau kalo biasanya kita sebut kacang kuda *benar ga sih hahah. Terakhir adalah Cocktail buah, cocktailnya murni dari buah-buahan, ga pake wine tau bahan-bahan sejenisnya kok.

Setelah berbelanja ini itu, akhirnya belanjaan kita penuh satu troli. Hihihi banyak juga belanjaan, seperti mau buat acara kondangan saja. Saya bingung gimana bawa barang belanjaan, tapi mb reny dengan entengnya ngomong “Tenang, kita bawa aja troli ini langsung ke apartment”. Hahh?? Serius?? Ternyata kebiasaan orang-orang disini dan dinegara-negara eropa adalah bisa menggunakan troli untuk membawa barang belanjaan sampe depan pintu. Tapi troli itu harus dikembalikan, dengan pastinya harus bersumber pada kesadaran masing-masing. Biasanya, troli ini diletakkan di parkiran bawah apartement atau langsung ke swalayan *kalo rajin, dan nantinya ada petugas dari setiap swalayan yang bertugas mengumpulkan troli tersebut. Makanya, disetiap troli selalu ada nama-nama swalayannya. *ooo begitu, salutte sama orang disini.

Kembali ke masak-masak. Setelah barang belanjaan sampai dikamar saya, kita menyicil untuk.membuat masakannya agar besok tidak repot, dan kita memilih membuat cocktail karena yang paling mudah. Campuran buah cocktail adalah kiwi + apel + lecy yang kemudian direndam di dalam air gula yang dikasih sedikit lemon sebagai penyedap. Cece juga menambahkan kulit lemon yang diparut, kata cece reny “kulit lemon ini akan menjadi penyedap dari minuman ini, dan biasanya digunakan utk kue”. Ohhhh,,, saya hanya mengangguk saja. Maklumlah, saya hanya bisa memasak masakan ala desa. Cocktailnya direndam selama satu hari biar tambah enak. Cocktail pun selesai dan saatnya pembagian masakan untuk besok agar semua masakan beres tepat pada waktunya. Mbak reni membuat tahu bacem dan saya menyiapkan bumbu ayam balado.

Keesokan harinya tiba dan saya kesiangan bangun minggu ini. Apa ga? malam tadi nekat bersama Sapril ngeliat fireworks dan pulangnya susah. Gila.. macet pol!! Saya langsung menyiang ayam, si cece adalah seorang vegetarian jadi ga suka megang benda-benda yg seperti ini. Tepat jam dua siang, mbak reni udah datang. Wah, tahu bacemnya sudah jadi, mantapp dan harum. Kalo mau tau cara membuat tahu bacem, cari di mbah google ya, banyak kok. hahaha *sebenarnya saya ga tahu. Cece menyiapkan tumis brokoli dan saya menyiapkan ayam balado dan sambal ijo super nendang *pedas.

Nah, saya akan memberikan sedikit resep ala cece dan saya, maaf kalao beda ya. Resep ayam balado : ketumbar + bwang merah + bawang putih + lengkuas  diblender kemudian dilumuri ayam. Setelah itu ayam diungkep sampai bumbu meresap, kemudian di goreng. Siapkan bumbu cabe yaitu cabe secukupnya + bawang merah + tomat diblender. Oh ya, saya memakai cabe thailand, sehingga cabe ini super pedas dan untuk mengurangi pedas tersebut dapat ditambah tomat agar pedasnya berkurang. Tapi sama saja, ayam nya pedas. Setelah bumbu jadi, goreng cabe nya dan masukkan ayamnya. Jadi deh. *saya ga berani makannaya.

Resep Brokoli tumis jamur : Nah, karena si cece orangnya super sehat sekali, si cece menjauhi makanan yang berbau goreng-gorengan dan memilih untuk merebus atau memanggang makanan ini semua. Jadi cara membuatnya adalah brokoli dan wortel direbus. Kemudian buat sausnya yaitu tumis bawang putih + bawang merah (3:1), dan masukkan jamur + daun bawang sedikit. Taruh saos kecap *saya lupa namanya, saus tiram juga enak, dan ditambah air maizena sedikit sebagai pengentalnya. Setelah saus nya jadi, siram di atas brokoli dan wortel yang sudah di susun di piring. Hmmm enaknya. Fotonya ga ada, tapi saya masukin foto tahu bacem ala tante reny yang dimasak dengan memanggang.. *emang sehat deh si cece

Lagi asyik asyik memasak, tiba-tiba bel berbunyi. Ya ampun, ternyata para tamu sudah datang. Janjian ngumpul jam 5 sore, tapi masakan masih belum selesai semua dan saya pun belum mandi :p. Makanan yang belum jadi sama sekali adalah falafel. Ya sudah, kita dengan tergesa-gesa membuatnya. Nah, cara membuat falafelnya ada disini “resep falafel“. *sebenarnya saya juga tidak tahu caranya hahaha. Karena mebulettin nya lama, jadi kita meminta bantuan mas feliks untuk membantu. TARAAAA… selesai juga falafelnya. Falafel nya siap dipanggang d dalam oven. Tapi sayang, karena ga masak-masak dari tadi, falafelnya di goreng deh akhirnya.

Koki dadakan dan masih sempat bergaya ala kungfu panda😀

Akhirnya jam 06.00pm selesai memasak, dan saatnya saya berkemas diri dulu. Kami kan mau foto bareng, masak saya harus berfot dgn wajah kumus-kumus, seperti mbok-mbok ntar. Inilah hasil karya masterchef Reny Watan @RWtan dan Assistant chef Ade. Hahahah *terbawa lebar… Kita berdua puas dengan hasilnya. Berhasil!!. Give me five mb reni!!!

Fotonya kurang lengkap, mas Adrian telat sih datangnya. Gakpapa lah, mas iyan ntar bantuin ngabisin makanan aja ya mas,sekalian piring kotor masih banyak di belakang hahahah *si mas e benar-benar bersihin piring kotor lo,makasih mas adrian dan sapril.

the first day of 2012 with togetherness
otsukare sama deshita….🙂
 
Ramada.
16 Januari’12,  00:52 am
 NB: Thanks to mas feliks atas foto-fotonya.
 

This slideshow requires JavaScript.

your comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s