GARUDA DIDADAKU…

Minggu ini lagi sedang semaraknya pesta olahraga Sea Games ke26 dan Negara Indonesialah menjadi tuan rumah pesta olahraga se asia tenggara it. Kota Palembang menjadi pilihan untuk terselenggaranya Acara Sea Games XXVI.  Saya yg berada jauh dari tanah air, masih bisa merasakan kobaran semangat dari pejuang-pejuang Timnas Indonesia untuk mendapatkan GOLD sebanyak-banyaknya.

Alhamdulillah,,, Indoensia menjadi juara umum tahun ini dgn meraih medali emas terbanyak yaitu 182 emas, 151 perak, dan 143 perunggu. Yang menjadi topik terhangat pada pesta olahraga ini adalah football competition.  Senin 21  Agustus 2011, Pertandingan final yaitu Negara Indonesia melawan Negara Malaysia yang diselenggrakan di stadion Geloara Bung Karno (GBK). Lagi-lagi kita bertemu dengan Negara Jiran yg belakangan ini ada sedikit hubungan tidak baik dgn mereka. Ah, Sudahlah… kita ga usah membahas masalah it hari ini.

Kembali ketopik sepak bola, walaupun saya tidak bs menonton scr langsung di stadion ataupun menonton televisi, saya tetap berusah mencari informasi melalu jejaring sosial twitter+FB+bbm *anakgaulgituloh… hahahhahah *sok alay.

Saya sempat bahagia, ketika mendengar Garuda Muda kita, Tim U-23 bisa menjebol gawang malaysia dgn score 1-0. Tapi bebrapa menit kemudian, sy mndapt update twitter, Malaysia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Akhirnya 90 menit waktu untuk permainan selesai, dikarenakan score msh 1-1, akhirnya ada penambhan waktu15 menit. Pada saat it, jam tangan saya menunjukkan pukul 18.15. Hyaaa… Saya pengen banget liat permainan garuda muda. Hati saya sedih ketika mendapat kabar bahwa 2 orang supporter dari Indonesia meninggal akibat berdesakan keluar. Innalillahi wa innailaihi roji’un….  Semg amal dan ibadah beliau diterima disisiNYA dan keluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan, aminn. Hal ini harus menjadi Catatan Penting untuk PSSI agar membuat sistem semuanya menjadi baik dan lebih memperhatikan supporter.

15 menit babak tambahan telah usai, permainan tetap mendampat 1x terkahir 15 mnt. Pas banget 18.30 di jam tangan saya, dan akhirnya saya bersama teman buru-buru pulang ke hotel agar bs menyaksikan pertandingan. Perjalanan dari kantor-hotel memakan waktu 10 menit, mulai antrian lift, nunggu lift, dan jalan ke hotel. Alhamdulillah akhirnya saya bs menyaksikan 3 menit trakhir dr pertandingan. Saya melihat serangan terus menerus dari garuda muda ke gawang lawan, tapi sayang.. bola selalu menggelinding ke arah yg tidak seharusnya. Akhirnya 3 menit usai, dan waktunya untuk adu PENALTI. (Ya Allah… berikan keajaiban agar GARUDA bs merasakan kemenangan)

Dibabak penalti, Indonesia kalah dengan score  3 dan 4 untuk Malaysia. Seluruh pemain dari tim Malaysia bersorak gembira atas kemenangan mereka, tapi Indonesia hanya diam dan menangis. Seluruh penonton yang berada di GBK menangis atas kekalahan hari ini, mereka berharap besar kepada Garuda Muda agar bs membawa medali emas yg intinya Indonesia iso menang bal bal an (red: bola). Tapi ya sudahlah, mungkin ini bukan waktunya indonesia menang sepak bola.

Indonesi selalu kalah dalam final dan menjadi runner-up, dan hal ini seperti mengulang kejadian 15 tahun terakhir.Di Piala AFF/ Tiger misalnya. Pada event sepakbola paling bergengsi se-Asia Tenggara tersebut ‘Garuda’ tercatat empat kali masuk final yakni masing-masing di tahun 2000, 2002, 2004 dan 2010. Di tahun 2000 Indonesia kalah 1-4 atas Thailand, tahun 2002 lewat adu penalti Indonesia kembali takluk atas ‘Tim Gajah Putih’ dengan skor 2-4 (2-2). Giliran Singapura menundukkan Indonesia di final tahun 2004, dalam dua leg Indonesia kalah agregat 2-5. Sementara di tahun 2010 Malaysia yang menghalangi Indonesia jadi champion. Kalah 0-3 di Stadion Bukit Jalil, Firman Utina cs cuma bisa menang 2-1 di GBK. Setelah terakhir juara di tahun 1991 silam Indonesia bisa dua kali masuk final yakni di tahun 1997 dan 2011 ini. Tahun 1997 Indonesia kalah adu penalti atas Thailand dalam laga final di GBK. (source : detikssport)

Sebenarnya sedih banget garuda kalah, ingin sekali melihat bendera Merah Putih berada di puncak paling tertinggi, dan lagu Indonesia Raya berkumandang dgn megah di GBK. Mungkin moment itu masih belum waktuny. Tp saya banggaaaaaaa sekali dengan garuda muda U-23. Mereka membela mati-matian untuk menjaga gawang. Dan dari hasil statistik pertandingan hari ini, yang menguasai lapangan terbesar adalah indonesia sebanyak 58% dan shoot terbanyak.

Terimakasih Garuda Muda, garuda tetap didadaku. Kami bangga dengan kalian… Mungkin kami tidak bs berbuat apa-apa, hanya dukungan, doa, dan harapan yang bs kami berikan untuk kalian.

Gak masalah Indonesia kalah, bener apa yg diakatakan teman saya di akun twitter, @johantectona: “Tambahan satu perak ini semakin menambah gagahnya Indonesi..Juara UMUM!!! Bagi-bagilah dikit emasnya ke tetangga hahah.” hahahahah…. Pokoknya Kami warga indonesia sgt bangga dengan TIMNAS Indonesia baik yang senior maupun junior. Indonesia sudah megalami kenaikan pesat di bidang olahraga sepakbola, cuman satu aja yang kurang yaitu besar harapan Indonesia bs masuk pertandingan World Cup. Kapan ya?? Kita sama-sama berdoa saja, akan datang waktu it.

Yang saya bangga sama tim U-23 adalah semangat mereka, tim yang bagus, dan yang terpenting  adalah pelatihnya dari Indonesia. Semua dari Indonesia, saya kagum!! Sebenarnya Orang Indonesia it hebat banget, cuman kita terlalu rendah hati.

“Kenyataan saat ini adalah Indonesia Haus akan KEMENANGAN, tapi selalu kalah saat final. Tapi jangan pesimis, suatu saat Indonesia akan memegang PIALA KEMENANGAN dan Disaat itulah INDONESIA bangkit dari Keterpurukan untuk menjadi negara Indonesia yang lebihbaik”. Saya Yakin hal it, Indonesia pasti bisa!!! Tinggal menunggu waktunya saja…. #bismillah…

Sekali lagi, terimakasih kepada seluruh Timnas Indonesia dari berbagai cabang olahraga yang sudah berpartisipasi dan telah membawa medali untuk INDONESIA tercinta. SALUT dan BANGGA untuk kalian…..

Vivat Indonesia!!!! Garuda Selalu Didadaku!!!

Sarjah, 21 November 2011, 11.13 pm.

6 thoughts on “GARUDA DIDADAKU…

your comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s