DUA

Pada tanggal dua puluh satu dan dua puluh dua, di bulan dua, tahun dua ribu sebelas, aq mendapat…

dua kabar gembira yang datang, dari….
dua sahabat tercinta….
dua alumni dari kampus perjuangan…..
dua manusia yang berbeda lawan jenis…
dua orang yang ku kenal sejak pertama kali menginjak kan kaki di kampus
dua orang yang tahu keadaan ku selama ini…
dua orang yang membuatku nyaman ketika bercerita dengan mereka
dua orang yang dalam jangka waktu…..
dua bulan ini –maret dan april-, akan ada…
dua momen special bagi hidup mereka…..
dua orang yang telah menemukan belahan hati mereka,,
Ya, semoga dua-dua nya mendapat kebahagian yang hakiki….

Saya tertarik dengan angka dua, karena angka dua mempunyai berjuta misteri. Tuhan menciptakan segala sesuatu yang ada dimuka bumi ini berpasang-pasangan, kaya-miskin, tua-muda, tinggi-pendek, wanita-pria, cantik-buruk, besar-kecil, jahat-baik dll. Karena Dia tahu, apa yang diciptakann-Nya tidak bisa hidup sendirian sehingga manusia disebut dengan Zon Politikon.

Berbicara masalah hidup berpasangan, tidak lepas dengan yang namanya “hubungan”. Sebuah hubungan itu sangat lah berharga, sehingga hubungan itu harus dijaga, karena hubungan diibaratkan seperti permata. Banyak hubungan yang harus dijaga, dipertahankan dan diperbaiki, baik hubungan keluarga, pertemanan antara dua insan yang berbeda, hubungan teman kerja, dan yang paling penting hubungan bersama Tuhan.

Hubungan sangat berkaitan erat dengan sebuah kata yaitu “komitmen”. Mungkin kita bisa belajar memaknai arti sebuah kata komitmen dari bangsa lain. Kenapa di Amerika serikat (termasuk seluruh bangsa Eropa), banyak pasangan yang tidak menikah?? Mereka lebih senang dengan hidup bersama tanpa menikah sampai mereka mempunyai anak. Untungnya negara mereka merupakan negara yang liberal dan sangat demokratis. Hal itu dikarena kan, mereka takut melanggar komitmen yang telah dibuat. Menurut mereka mengikat hubungan dengan sebuah pernikahan berarti mempunyai komitmen tuk saling setia sampai mati, bagi mereka komitmen sangatlah berarti dan tidak sekedar hanya sebuah kata-kata saja. Komitmen dalam sebuah hubungan mempunyai arti bahwa sebuah hubungan harus mempunyai rasa percaya yang tinggi kepada pasangan, rasa saling mengerti, saling menghargai, dan saling menerima kelemahan masing-masing. Jadi, komitmen merupakan hal yang sangat sakral. Hmm… ternyata ada juga sisi positif  dari mereka yang hidup bersama tanpa menikah, eits.. tapi jangan diikuti karena agama kita, sangat melarang wanita dan laki-laki hidup bersama tanpa menikah.

Berbeda dengan bangsa Indonesia, komitmen kadang dijadikan hanya sebatas kata dan ucapan, bisa dibilang sering dijadikan permainan. Banyak yang habis nikah kemudian beberapa bulan kemudian bercerai, dan ada juga membuat janji tidak akan mengulangi kebodohannya malah mengulangi hal bodoh itu, janji tidak berbohong tapi malah berbohong. Semua itu dikarenakan kurangnya pemahaman dari komitmen itu sendiri. Ketika kita ber-komitmen yang berlandaskan dengan landasan akan takut ‘sesuatu’, landasan menjadi pribadi yang baik, landasan punya tujuan dari semuanya, dan landasan yang bertanggung jawab,  serta landasan sense of belongs terhadap komitmen itu sendiri, insyaallah jalan hidup kita akan menjadi aman,damai, dan sejahtera.  Orang yang berkomitmen tinggi mempunyai suatu pribadi yang luar biasa, karena dengan membuatkan dirinya berkomitmen, berarti secara keseluruhan telah menetapkan dirinya pada satu titik dimana dia mempunyai amanah dan bertanggung jawab, dan orang yang berkomitmen berarti mempunyai prinsip serta tujuan kedepan untuk melangkah menjadi orang yang sukses…. karena orang yang berkomitmen adalah orang yang satu langkah lebih maju…

Jadi, intinya dari sebuah komitmen adalah takut sama TUHAN dan terakhir adalah semua yang kita lakukan semata-mata hanya untuk mendapat Ridho-NYA…. (ad)

 

“Sesungguhnya orang-orang yang fasiq adalah orang-orang yang merugi. Apakah kita ingin menjadi orang-orang yang fasiq? Yaitu orang-orang yang tahu itu salah tapi tetap melakukannya…..

9 thoughts on “DUA

    1. iya mas.. kata2nya bagus. tentang fasiq itu, ada disalah satu ayat Allah tapi ade lupa nama ayatnya. ade mengulangnya dengan kata2 sederhana….. ^^

      makasih udah di comment mas, mohon permisi ya utk menjadi ‘link’ teman nya ade…

  1. heh…sopo dua dua iku?

    Sekalian nk wes ngerti kalau orang jepang ndak mau berkomitmen, sekarang cepat2lah mencapai komitmen itu

    “Menyempurnakan Agama”

    1. dua itu kamu dan mb ella, bulannya sama…..🙂 dan aq jadi orang yang cepat tahu…
      hahah, mereka it berkomitmen, tapi da waktunya. Seperti wanita karier, mrk merasa kalo ketika mrk berkarier maka mereka akan melalaikan keluarga, dan mereka ga mau seperti it, dan mrk harus menentukan pilihan.
      Iyo… doakan lah, ada orang yang mau menerimaku apa adanya dan mengijinkan calonistri e sekolah lagi walaupun LDR… hahaha…… ya apa? Kapan aq jadi tante?

your comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s