don’t panic “Missing Visual Editor”!

Saya emang neubi banget buat blog,,, akhirnya awal februari 2010 ketika lagi KP (kuliah praktek) di McDermott, saya mencoba membuat blog (atas ajakan partner bermain) dengan domain www.wordpress.com. Ternyata buat blog itu susah-susah gampang, seperti makan bumbu rujak. Ketagihan kalo udah nyoba sekali.

Saya mencoba membuatnya, satu post, dua post, dan saya mengotak-ngatik setting yang ada di wordpress. Eh karena, saya me-setting nya tapi ga tahu kegunaan nya… saya mencoba post lagi… ternyata display edit post saya berubah, seperti tampilan dibawah ini…

Saya jadi bingung menggunakannya… maklumlah, saya bukan seorang mahasiswa teknik computer atau sistem informasi yang mengerti dengan bahasa program. Bahasa Indonesia saja, masih kelabakan dalam penggunanya, apalagi bahasa program. Selama 5 bulan saya mengotak-atik setting-an di wordpress, mulai dari baca help nya, sampai menanyakan kepada teman2 di jurusan tek.komputer, teman yang sesama punya blog di wordpress, tapi tidak menemukan juga solusinya. Saya pasrah, dan memutuskan untuk tidak meng-update blog saya.

Kemudian saya Tugas Akhir pada bulan maret-september 201, sebenarnya banyak hal yg ingin saya ceritakan di blog tentang TA. Tapi sudahlah, ga menarik lagi utk me-post nya dengan editing yang lama dan ga familiar bagi saya.

Saya pun wisuda….

Dan Alhamdulillah keterima disalah satu perusahaan EPCI (engineering, procurement, construction, dan installation) dari perusahaan Italy. Salah satu kakak teman saya, pernah mengatakan “selamat ya de udah keterima di ****, semoga sukses, lebih baik pengalaman kerja dan sebagainya di share di blog :)”

Wah,,, bener juga,,

Ketika masa bekerja, kehidupan saya menjadi stagnan saja. Dulu yang sibuk organisasi, kuliah, sering ikut demo dijalan, demo masak, demo musik dsb, sekarng cuman kerja-pulang-makan-ibadah-tidur, begitu seteresnya selama satu minggu. Saya mencoba me-post tulisan saya dengan HTML editor…

satu hari saya mencari lagi, dimana letak yang ga beres??

Pada hari Jum’at, tanggal 18 February 2010, saya mendapat email kantor, dan memberikan petunjuk, tapi sama saja…..

Saya mencoba memperhatikan satu persatu settingan, mumpung jum’at jadi jam istirahatya panjang, sehingga saya bisa sepuasnya utk memakai internet. Saya membaca Help nya, dan mengambil tema “Visual Editor”, mata saya tertuju “if missing Visual editor, don’t panic. Please setting at personal setting”, saya mengklik tulisan itu, dan saya mengikuti petunjukknya,….

jadi, intinya semua ada di personal setting dan personal option. Remove/uncheck kolom yang bertuliskan “Disable Visual Editor when writing”, seperti gambar dibawah ini

save semua settingan, dan hasilnya sempurna… edit post saya mudah digunakan….

akhirnya dengan mudah me-edit post lagi…

mulai sekarang, saya jadi bersemangat untuk menulis… dan semoga semangat menulis juga bias tertular ke teman2. Jadi, kalo teman-teman mempunyai masalah yang hampir sama dengan saya, insyaallah tulisan ini bisa membantu. (ad)

2 thoughts on “don’t panic “Missing Visual Editor”!

your comment :)

