MENJADI ORANG SALAH…..???

Kamu tahu perasaan bagaimana jika kita tidak melakukan kesalahan sesuatu tapi terjebak dalam kesalah pahaman dan membuatmu tersudut menjadi orang salah??? Langkah apa yang selalu kita ambil untuk mengatasi masalah itu?? Hanya ada dua langkah yang mau tidak mau harus kita ambil, yaitu diam atau berbicara. Keduanya mempunyai kekuatan magnet positif dan negative yang kadang kala apabila disatukan akan menjadi erat, seringkali langkah yang kita ambil itu sudah tepat malah membuat bencana dan malapeteka bagi diri kita sendiri.

Langkah Bicara, langkah berani untuk menyatakan sebuah kebenaran, langkah berani untuk mengatakan itu adalah bohong, langkah berani menyatakan bahwa itu adalah salah, langkah menyatakan bahwa aku tidak bersalah, tapi sering kali langkah ini seperti keadaan seperti “telur diujung tanduK”, tahu kenapa?? Karena ketika kita mengambil langkah ini, maka akan membawa telur itu jatuh dan pecah atau malah tetap berdiam diri di ujung. Berdiam diri disini dimaksudkan ketika kamu mengatakan sesuatu maka keadaan akan kembali seperti semula, kembali lagi menjadi kehidupan normal, bahkan bisa saja hubungan menjadi hambar. Akibat yang lain adalah menjadi Pecah, sebuah efek negative luar biasa, ketika dibicarakan malah bukan membuat menjadi baik malah semakin runyam, rumit, api yang kecil menjadi semakin besar, dan hubungan mu akan menjadi hancur, ga seprti sediakala. Hal ini dikarenakan tidak adanya pengertian dari pihak lawan, merasa dia benar kita salah, tidak membuka hati ketika ada sebuah alasan dilontarkan, bermain dengan keegoisan diri yang menyelimutinya dirinya, dan selalu “Berpikir negative” karena sebuah ketakutan-ketakutan.

Ya,,, yang harus dilakukan “Positive Thinking”. Didalam Sebuah Al-Qur’an, diajarakan agar umatnya haruslah berpikir positif (khusnudzon). Banyak manfaat ketika ketika be positive, antara lain sebagai berikut:
1. Manusia hidup dimuka bumi dengan berbagai jenis, rambut boleh hitam, tapi hati tidak, maka ketika kita berpikir positif, maka akan ada kenyamanan langkah,,, hidup tidak menjadi resah karena ketakutan dan sebagainya.
2. Pikiran positif akan membawa Hati yang bersih dan mempunyai sebuah jiwa yang bersih, dan menjadikan pribadi yang menawan.
3. Sebuah kisah ketika Rasulullah dan anaknya Fatimah sedang duduk didepan rumah, pada saat itu lalulah seorang orang Quraisy, seperti biasa orang tersbut menghina rasulullah karena begitu bencinya dengan beliau. Mendengar kata hinaan kasar kepada rasulullah, maka Fatimah hendak memarahi orang Quraisy tersbut, tapi rasulullah melarang Fatimah,,, dan Rasulullah mengatakan bahwa “Allah menyukai sesuatu yang lemah dan lembut…..”, dan pada saat itu Rasulullah langsung berdoa, meminta kepada Allah dan berdo’a kebaikan untuk orang tersebut. Subhanallah….. sifat positif rasulullah itu, mempunyai tujuan karena ketika sesuatu yang kasar dibalas dengan kasar maka itu akan membawa bahaya, rasulullah takut ketika Fatimah membalas perkataan tersebut, maka orang Quraisy itu akan membawa bahaya kepada Fatimah.
4. Sebuah kisah tentang sahabat rasulullah, Abu Bakar Ash-Siddiq yang dilanda sedih karena anaknya menjadi janda, pada saat itu karena kesedihan itu, maka dia mendatangi satu persatu sahabat-sahabtnya untu menawarkan anaknya, semua sahabatnya menolak tawaran Abu Bakar Ash-shiddiq. Dengan penolakan dari sahabat-sahabatnya itu, membuat Abu Bakar semakin bersedih hati dan menceritakan kesedihannya kepada Rasulullah. Kemudian Rasulullah berkata “Janganlah kau bersedih, sesungguhnya akan datang seseorang yang lebih baik dari mereka”. Mendengar perkataan beliau, Abu Bakar tidak menjadi sedih kembali. Ketika sesuatu Keburukan melanda, maka jangan langsung berfikir yang buruk, tapi kadang kala Sesutu yang Buruk itu akan mendapat yang lebih baik ketika kita mencoba berfikir positif, dengan mengambil semua hikmah yang terkandung didalamnya.

Kerenkan,,, kalo kita bersifat positif, hidup akan menjadi lebih aman dan tentram,,,,^^

Melanjutkan langkah selanjutnya yaitu Langkah Diam, langkah aman bagi seseorang untuk menyelesaikan masalah dan langkah diam sebagai salah satu solusi terbaik. Hal ini dikarenakan, orang yang disalahkan tidak ingin semua masalah menjadi runyam, tidak ingin memperlebar masalah, dan tak ingin mencari musuh.
Namun,,,,,,,,,,,,, langkah diam bahkan memiliki dampak yang luar biasa bahaya dibandingkan dengan langkah bicar. Tahu kenapa? Karena seringkali Diam, tuduhan-tuduhan kita itu adalah benar, dan hal ini malah akan membawa masalah. Ketika kita akan mendekati orang tersebut dengan sikap biasa, maka akan menimbulkan pradugaan yang berlebihan, dan ketika sikap kita juga berbeda malah akan mendapat pradugaan negative yang luar biasa. Ketika langkah ini kau ambil, maka keadaan selanjutnya akan seperti “memakan buah simalakama”, ketika kekanan salah, kekiri juga salah, putar balik malah salah, dan malah membuat kita semakin bingung….
Beratnya ketika menjadi Orang Salah akibat perbuatan yang tidak kita perbuat. Orang yang salah karena sebuah kesalahpahaman yang menggila, karena fikiran-fikiran negative atas ketakutan-ketakutan yang kita alami.Ya,,,

Apapun langkah yang akan kita ambil maka, bersiap-siaplah keadaan “Telur diujung tanduk” dan “memakan buah silakama”. Hmm….. kita harus kuat dengan kondisi kedua tersebut, dan jangan takut untuk mengambil kedua langkah tersebut, karena langkah diam ataupun bicara, bisa kita gunakan kedua-duanya sesuai dengan kondisinya. Dan satu hal lagi hal yang menjadi pendirian kita, sebuah kata dari temen ku….

“Udah,,, kalo loe merasa hal itu benar dan ga salah, loe lakuin aja. Jangan takut untuk melangkah…. Apapun yang dia katakan tentang diri loe, asal diri loe ga salah, di cuekin aja…. Toh, loe kan ga butuh dia…. Udah,,nyantai aja bro..”

Sesuatu kata yang simple yang keluar dari sahabatku itu,,,, dan itu menjadi hal yang benar dengan apa yang dikatakannya. Intinya adalah… Jangan takut melakukan apapun selagi kita BENAR, Jangan terlalu dipikirin karena kita ga BUTUH dia, selalu BERFIKIR POSITIF, dan yang terakhir adalah enjoy it….

Sesuai dengan lirik Jason Mraz…
Live high……Live mighty…Live righteously……Takin’ it easy
Live high……Live mighty…Live righteously

Batam 03:11, Kamis 11 Maret 2010
aduh,,,bertepatn nih,dengan ultah mama n Zahra,
“Happy birthday Mom, Luv U” and “Zahra…You too..”

your comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s