Saudara kandung Vs Sahabat

Ketika mendengar kata sahabat, maka kata “Persahabatan” tidak menjadi hal asing diteling kita. Kata orang, Persabahatan adalah sesuatu yang indah dan luar biasa, dan ternyata memang benar bahwa persahabatan itu sebuah hal yg indah, sangat berharaga seperti intan yang berkilau, apabila dijaga sebaik mungkin maka ia akan memancarkan sinar yang membuat orang terpesona karenanya. Bagiku, mungkin aku lebih dekat dengan sahabat-sahabat ku dibandingkan dengan keluarg kandung sendri, tapi ada beberapa kakak adik yang sangat akur dan bahkan menjadi Cs-an seperti film Bintang dan Kejora yang merupakan kakak adik yang paling sangat harmonis dalam hubungan saudara kandung. Kita yang termasuk bagian dari kak adik yang ga cs-an, tidak mengerti dengan kondisi kenapa ga bisa klop? Padahal kitakan satu darah(T.T)? Kita seringkali mencoba mengerti sang kakak, tetapi sering kali juga mereka kurang mengerti dengan kondisi kita sendiri. Dimana letak salah semuanya?

Ada beberapa hal factor yang terjadi antara kakak dan adik yang ga cs-an, hal ini sesuai dengan pengamatan ku sendiri kedaerah-daerah yang pernah aku singgahi dan pengalaman ku sendiri. Maklum…… aku anak bungsu dari 6 bersaudara yang memiliki 3 Kakak laki-laki dan 2 kakak perempuan sehingga mengerti benar watak dari setiap kakak-kakak ku. Baiklah kita akan mencoba menganalisa satu persatu dari sudut pandang baik sang kakak maupun, ini bagi kakak dan adik yang mempunyai jarak umur yang jauh ataupun dekat sama saja.


Pertama, kakak yang umurnya lebih tua dari adiknya, seringkali menganggap dialah yang “paling dewasa” didalam keluarga, sehingga adiknya seringkali dianggap masih kecil,,, Ketika ada sebuah masalah didalam keluarga atau pribadi, tidak diomongkan dengan baik dan kurang berbagi, dan ketika adik ingin memberikan sebuah kata-kata atau nasihat,, pasti nasihat itu hanya sebuah “omongan anak kecil”. Seringkali kakak kurang mendengarkan apa yang yang dikatakan adik, dan ketika mendengar kata-kata dari adik,,,, pasti akan menjawab “Kamu tuh masih kecil, belum tahu apapun, kakak mu ini udah lama hidup daripada kamu dan banyak asam garam dan bla,,, bla,, bla,,, bla”… sehingga terjadilah kurang komunikasi. Hal hasil, adik lebih senang ngobrol dengan orang lain dan sebagai pendengar yang baik untuk orang lain.

Kedua, Kakak seringkali merasa dirinya “Selalu Benar”. kenapa aku ngomong begitu? Karena mereka menganggap lebih tua dan lebih dewasa. Ketika adik melakukan kesalahan yang kecil, seringkali kakak memarahi si adik kecil habis-habisan, bahkan omelan tersebut mengalahi omelah dari orang tua, tanpa mengintropeksi dirinya sendiri. Kebanyakan para kakak tidak sadar, dulu mereka juga telah melakukan kesalahan itu dan tidak menganggap dirinya salah dan bahkan menganggap hal itu wajar apabila dia yang melakukan, tapi bila adik yang melakukan maka seakan-seakan adik tidak pantas untuk itu. Contoh kasus, anak kecil itu ga boleh pulang ke rumah setelah magrib,padahal si adik kecil udah meminta izin ke mama, tapi sang kakak yang berlagak dia dewasa dan omongan orang dewasa adalah benar, langsung memarahi ketika si adik pulang tanpa mendengar alasan dari mulut si adik, hal ini membuat hati si adik dongkol karena tidak mempunyai “hak pembelaan diri”, si adik akan berfikir, di pengadilan saja tersangka mempunyai “hak pembelaan” tapi kenapa di keluarga yang kecil ini tidak?? Dan akan beranggapan bahwa kakak kita adalah “DIKTATOR”

Ketiga, Kakak yang menganggap dirinya paling dewasa, selalu benar, maka dirinya akan “berkuasa” dalam kehidupan kakak dan adik. Berkuasa seperti sering menentukan kemana langkah si adik harus pergi, tanpa membicarakan terlebih dahulu kepada si adik, apa yang di inginkan si adik? Kemauannya? Seakan mereka tahu segalanya tentang kehidupan,, yang telah lama hidup dari adiknya. Selain meguasai hidup adik, mereka seenaknya memperlakukan adik seperti “apa yang diingankan mereka harus dituruti,,, sering kali kakak menyuru adik mengambil barang padahal sebenarnya mereka bisa melakukan sendiri. Tapi kenapa harus menyuruh,, T___T
“dek, ambilkan garpu….” semenit kemudian
“dek, masak air!!!” semenit kemudian
“de, ambilkan gelas…”
“dek,,,ambiilkan…….”
“dek,,, ambilkan…”
wah,lama2 si adik merasa jengkel, dan sering melawan,,,

3 hal diatas merupakan faktor terbesar kenapa komunikasi adik dan kaka seringkali tidak lancar,,
Nah ini ada beberapa tips agar tetap akur dan rukun:
1. Kakak hendaknya menjadi pendengar yang baik bagi adik
2. Kakak sering berbagi cerita dengan adik, dan menerima saran adik, walupun hanya mendengarkan dan ga dilakuin…”it’s okay”
3. Gunakan bahasa yang baik ketika meminta tolong.,,,,, dan biasakan gunakan kata-kata “TIDAK MEMERINTAH” dan memakai kata “TOLONG”
4. Jika adik melakukan kesalahn hendaknya menanyakan kenapa hal itu terjadi??? dengarkan penjelasan dia, jangan langsung menjudge dia salah,,,
5. ciptakan komunikasi efektif
6. ciptakan kehumoran diantara adik kakak
7. selalu memberi nasihat sepatah dua patah (taujih)
8. kakak hendaknya sering menanyakan kabar adik “dek, bagaimana kabarnya?”, “dek, udah makan”. “Hi,,, lagi napa??jangan lupa makan,,, ntar sakit”… sringlah memberikan perhatian ke adik,, begitu sebalikanya adik ke kakak
9. Ingat tanggal2 penting, seprti tanggal ulang tahun kk, ulant tahun adik, ulang tahun anakk kk, dsb,,,,
10. Berilah hadiah kecil kepad adik, walupun hanya sebuah “buku”
11. Sering jalan2 bareng ^^

ya mungkin itu aja,,,sebgai sharingan,,, semoga tidak ada lagi ada kata “berantem”,,,,
Amin,,, (ad)

2 thoughts on “Saudara kandung Vs Sahabat

    1. hahah.. nko sebagai kk harus baek2 ngomong same adek nko. Ciri2 diatas mirip kk aku,, maklom adek die paling baik sedunie, jadi disuruh sane sini, terpakselahhh… hahaha

your comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s