TIME CAPSULE AT JAPAN

Mungkin saat ini merupakan hal yang sangat luar biasa bagi ku. Walaupun dengan perut keroncongan dan udara yang kadang panas dan kadang hujan, seolah aku tidak memperdulikan hal itu karena kekaguman akan benda yang berada didepan ku ini. Otak ini mengingat kembali cerita Sensei Ishida mengenai benda yang luar biasa ini, benda yang membuat sensei menggebu-gebu bercerita tentang benda yang unik satu ini, seakan akan memamerkan kepada seluruh dunia bahwa benda ini hanya ada di Jepang tepatnya di Osaka Jou. Benda yang unik itu dikenal dengan Time capsule. Benda ini membuatku kagum setengah mati karena kegunaan capsule ini dan bentuk/ukuran nya. Capsule ini dibangun pada tahun 1970 pada kegiatan Expo Osaka. Ia terletak di Taman Osaka Jou Castle, sebuah kerajaan megah yang berada di Osaka.

Time Capsule mempunyai dua buah Capsule yang ditanam sedalam 1,5 meter dengan diameter tiap capsule 2,7 meter. Bisa dibayangkan sebesar apa capsule itu, dan benda sebesar itu untuk apa ditanam? Capsule ini berisi dengan berbagai macam benda-benda yang digunakan oleh manusia pada masa sekarang ini. Terserah benda apa saja bisa dimasukkan ke dalam capsule ini, bisa seperti kacamata, buku, baju, makanan, ramen, dan sebagainya. Barang-barang ini disimpan dalam capsule dan akan dibuka sesuai urutan capsule. Capsule pertama yang berada paling atas akan dibuka setiap abad, kurang lebih 100 tahun sekali, sedangkan capsule kedua yang berada paling dasar dibuka setiap 5000 tahun sekali. Pasti kita heran untuk apa membangun benda aneh ini? Dan apakah barang ini tidak hancur jika disimpan terlalu lama? Tenang aja….. Orang Jepang dikenal akan kerja keras, ulet, dan kepintarannya sehingga tidak mungkin mereka mencipatakan dan membuat benda yang tidak bermanfaat untuk Negara mereka.

Time capsule ini dibangun untuk anak cucu mereka (generasi penerus), mempersiapkan tentang info nenek moyang mereka. Mungkin kita tidak bisa membayangkan 100 tahun yang akan datang atau 5000 tahun yang akan datang tentang kehidupan ini seperti apa bentuk kehidupannya, apakah barang-barang yang dipakai pada saat ini masih ada atau malah akan lebih super duper modern. Kita tidak tahu! Oleh karena itu, Capsule ini dibangun sebagai media info kepada anak,cucu,dan cicit mereka serta mengingatkan kepada generasi penerus mereka agar tidak melupakan silsilah dan nenek moyang mereka. Barang-barang yang ada di dalam capsule tidak akan punah karena di dalam capsule berisikan gas yang melindungi barang serta menjaga barang ini tetap seperti apa adanya. Subhanallah…. Keren sekali Negara ini, semodern apa pun, setinggi apapun teknologi dan ilmu mereka, mereka tidak boleh melupakan asal usul mereka dan nenek moyang. Hal ini mirip dengan cerita last samurai, salah satu film inspirasi membangkitkan semangat, yang dibintangi oleh si ganteng Tom Cruise. Cerita yang mengisahkan tentang Negara Jepang yang ingin menjadi Negara maju dan disokong oleh Negara Amerika, Pemerintahan jepang dengan bantuan Ameriaka, ingin menghancurkan para golongan samurai yang tidak menyetujui akan kemodern yang diusul oleh pemerintahan Jepang. Hal itu membuat para Samurai dan pemerintahan Jepang teradi peperangan, yang akhirnya para Samurai mati tp meninggalkan sebuah pesan kepada pemerintahan Jepang. Dan akhirnya Pemerintahan Jepang sada, kaiasar jepang berpesan “bahwa semodern Negara, jangan pernah melupakan siapa kita? Darimana kita? Dan asa usul kita?”
Semoga ini menjadi sebuah inspirasi kepada generasi muda,,, amin,,

29 Agustus 2009

3 thoughts on “TIME CAPSULE AT JAPAN

your comment :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s